Wednesday, August 08, 2012

On Writing

When I was undergoing my nine months pupillage two years ago, I remember my learned master under whom I read in chambers, Dato' Sukhdev Singh Randhawa, used to tell me that legal letters are not supposed to be written; they are supposed to be crafted – rather very carefully and skillfully – and for that I thank him with all my heart for having taught me a very useful and practical lesson.

I guess the same principle applies for fiction writing as well: that stories which are worth being told, if at all, they are not meant to be written; they should only be crafted. There's a distinction, of course, between writing and crafting, and this has to be made clear, very clear, from the very beginning. But after having said that all, it must also be borne in mind, that everything – literally everything and definitely without exception – would simply be utterly useless when the editor comes in and destroy it all with her hands, so powerful but mindless and ignorant and arrogant, guided by her reckless and lackadaisical attitude and lack of understanding on what literature really is.

Bloody fools, they are, I guess some people are simply that. No?



*The image above is credited to http://ubatmuda.blogspot.com.

3 comments:

Anonymous said...

Aidil,


writing = crafting

menulis = mengarang/menggubah


Dalam tradisi Melayu (dalam kerja sastera mahupun yang hal berkait dengan bercerita, tulis-menulis), kaedah yang sebenar harus dipakai adalah "mengarang".

Perkataan "karang" dan "mengarang" membawa maksud "menggubah" (bukan mengubah = ubah) yang memperlihatkan proses cipta, bentuk dan susun pada sesuatu karya.

Memang ada ramai orang yang boleh menulis, tetapi yang mampu mengarang itu dapat dibilang dengan jari.


Salam,
Sisani

gw2 gold said...

Dalam tradisi Melayu (dalam kerja sastera mahupun yang hal berkait dengan bercerita, tulis-menulis), kaedah yang sebenar harus dipakai adalah "mengarang".gw2 gold
cheap guild wars 2 gold

IBU PUSPITA said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,jangan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohan dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI












Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,janan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohon dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI

  © Blogger template 'Morning Drink' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP